3/18/2013

Tutorial Global Mapper


Tutorial Global Mapper sangat bermanfaat bagi anda yang ingin meningkatkan skill dan kemampuan dalam penguasaan software Global Mapper baik untuk mahasiswa, konsultan pemetaan, instantsi maupun bagi perushaan dalam bidang pemetaan. Pada artikel ini saya berusaha untuk menyediakan berbagai informasi dasar tentang Global Mapper dan beberapa referensi dimana anda akan mendapatkan tutorial yang cukup lengkap dalam memahami fungsi dasar dan menjadi ahli dalam penggunaan software Global Mapper.
Global Mapper adalah software GIS yang digunakan untuk mengolah citra satelit maupun data peta seperti peta scan, digunakan untuk tampilan 3d view atau analisa data topgrafi yang bersifat Digital Elevation Model. Software ini mendukung berbagai macam format data seperti DEM, E00, CADRG/CIB, MrSID, DLG-O, SDTS DEM, DOQ, DTED, DWG, DXF, ECW, GeoTIFF, Tiger/Line , SDTS DLG, KML/KMZ, , DGN, ESRI Shapefiles, JPEG2000, DRG, Lidar LAS, Arc Grid dan masih banyak lagi.
Harga software Global Mapper saat ini berkisar $399 untuk lisensi tunggal namun jika membelinya dalam jumlah banyak (minimum 20 lisensi) harganya sekitar $299 per lisensi. Anda bisa juga mencoba versi gratisan/crack2an dengan mencarinya di Google karena saya yakin bayak website yang menyediakan Global Mapper gratisan.

Kegunaan Utama Global Mapper

Global Mapper memiliki banyak fungsi antara lain:
  • Generate kontur ke berbagai interval
  • Generate watershed atau daerah aliran sungai secara otomatis
  • Melihat data DEM dengan berbagai tampilan seperti atlas, hilshade, aspect, slope dan lain-lain

Tampilan Utama Software Global Mapper

Berikut adalah tampilan utama dari software Global Mapper 11 (untuk versi 12 dan 13 versi terbaru global mappertampilannya hampir sama)
Tutorial Global Mapper

Keunggulan Global Mapper:

  • Editor/viewernya sangat mudah digunakan dan telah mampu menampilkan berbagai data raster, DEM, data vektor dan GeoPDF
  • Mengkonvert data hasil penginderaam jauh, mengedit data vektor, reproject citra satelit, mosaik citra satelit, print, track GPS
  • Kemampuan akses secara online ke berbagai sumber data citra, peta topografi , DTM dan banyak lagi.
  • Dapat menghitung jarak dan luas dengan akurat, pembauran arsir dan penyesuaian kontras, melihat elevasi citra satelit DEM, dan perhitungan garis pandang untuk memaksimalkan presisi.
  • Secara cepat mendigitalkan fitur vektor baru, mengedit fitur yang sudah ada, dan dengan mudah menyimpannya ke format ekspor yang didukung software global mapper
  • Mudah melacak setiap perangkat GPS yang kompatibel yang terhubung ke port serial komputer melalui data apa pun yang di-upload, menandai waypoint tanpa sambungan, serta merekam log pelacakan.
  • Dengan cepat menyimpan isi layar menjadi file BMP, JPG, PNG, atau (Geo) TIFF, yang dapat Anda rektifikasi secara intuitif dan disimpan dalam citra baru yang sepenuhnya dapat dijadikan georeferensi.
  • Kelebihan versi 12 dari software sebelumnya yaitu dapat secara otomatis membuat Watershed dan kelebihan-kelebihan yang lain
Download Tutorial Global Mapper
Berikut adalah beberapa link bermanfaat dimana anda bisa mendownload tutorial Global Mapper baik tutorial yang berbahasa Indonesia maupun yang versi bahasa Inggris

3 komentar:

  1. Terimakasih informasinya...

    BalasHapus
  2. terima kasih sudah berbagi ilmu, semoga menjadi ladang amal

    BalasHapus
  3. Sangat membantu

    BalasHapus